Latihan Mikrotik Berupa Soal Management Bandwidth

Latihan mikrotik ini membahas tentang management bandwidth agar dapat membagi bandwidth secara merata. Fitur yang digunakan bisa menggunakan simple queue dengan memanfaatkan parent queue untuk dapat membagi bandwidth secara merata, dan membagi bandwidth secara simple untuk di bagi bagi ke semua client yang terhubung.
Postingan Latihan Mikrotik ini saya buat sehubungan kawan saya yang meminta tolong untuk dibuatkan soal latihan setting mikrotik berupa studi kasus management bandwidth yang di tambahkan dengan management ip address dengan subnetting.

Soal Latihan Mikrotik

Isikan Nama lengkap anda pada mikrotik pada menu System-identity sebelum memulai konfigurasi di bawah!
Latihan Mikrotik, Soal Latihan Mikrotik, Latihan Setting Mikrotik, Mikrotik
Topologi setting mikrotik diatas adalah sebuah topologi dari sebuah sistem dan jaringan di suatu sekolah. Terdapat satu 3 ruangan, yaitu ruang admin, ruang guru, dan ruang laboratorium. Ruang guru mempunyai 5 PC client yang terhubung, dan ruang laboratorium mempunyai 30 PC client yang terhubung ke jaringan.
Tugas anda adalah membuat sebuah management bandwidth agar pembagian bandwidth bisa terbagi secara merata untuk semua client di ruang Guru dengan jatah total bandiwdth 5 Mbps dimana bandwidth harus terbagi merata meskipun client yang aktif hanya dua atau hanya tiga maka jatah 5Mbps akan dibagi jumlah client yang aktif dengan memanfaatkan parent pada simple queue, dan untuk di ruang Laboratorium di jatah 3 Mbps untuk seluruh client. Sedangkan untuk admin tidak dibatasi, dengan ketentuan sebagai berikut:

IP Address Mikrotik

Eth1       : 10.10.10.1/30
Eth2       : 172.16.8.x/24
Eth3       : 192.168.x.x/29
Eth4       : 192.168.x.1/27
Keterangan: Nilai x adalah nilai dua digit terakhir pada nomor peserta ujian
Pembagian ip address untuk PC Client, anda harus mengisi berdasarkan subnetting dari setiap interface.

Bandwidth Ruang Guru

Total      : 5Mb/5Mb
PC1        : 1Mb/1Mb dan parent = Total, priority = 2
PC2        : 1Mb/1Mb dan parent = Total, priority = 2
PC3        : 1Mb/1Mb dan parent = Total, priority = 2
PC4        : 1Mb/1Mb dan parent = Total, priority = 2
PC5        : 1Mb/1Mb dan parent = Total, priority = 2

Ruang Laboratorium

Interface Ethernet4 = 3Mbps/3Mbps, priority = 3

Admin

Ethernet1            = Unlimited dan Priority = 1


Aktifkan columns “Download AVG Rate” dan “Upload AVG Rate” pada Queue untuk menampilkan perolehan bandwidth.


Latihan soal mikrotik ini seharusnya tidak terlalu sulit dijawab jika anda sudah menguasai dasar ip address, subnetting, dan simple queue. Jika anda belum memahami ip address, mungkin artikel saya bisa membantu anda, silahkan dilihat di Konsep Pengalamatan IP Address. Jawaban dari latihan setting mikrotik ini akan di post di postingan yang terpisah, dan mungkin anda akan tertarik dengan soal latihan mikrotik lainnya di Latihan Mikrotik dengan Eksternal Access Point.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Latihan Mikrotik Berupa Soal Management Bandwidth"