Tutorial Mikrotik - Cara Block Youtube Pada Mikrotik

Cara block youtube pada mikrotik sebenarnya sudah dibahas di blog ini, yaitu pada postingan Blocking Youtube dengan Layer 7 dan Firewall Filter. Postingan ini juga akan mambahas cara melakukan blocking dan melakukan limitasi bandwidth terhadap akses ke youtube. Kenapa youtube di blok atau di limit, alasan umumnya adalah karena akses steraming youtube sangat menyita alokasi bandwidth yang ada.

Perbedaan utama dalam postingan blokir youtube ini dengan postingan sebelumnya adalah pada parameter regexp dalam layer7 mikrotik. Artinya, metode yang digunakan adalah masih sama yaitu menggunakan kombinasi antara firewall dengan layer 7, tapi dalam postingan ini kita akan terlebih dulu menandai paket yang melakukan akses youtube dengan firewall mangle. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan blokir youtube dalam mikrotik:

Cara Block Youtube Pada Mikrotik

Cara Block Youtube Pada Mikrotik
Sebelum masuk pada konfigurasi mikrotik, saya akan menggambarkan kondisi topologi yang ada pada jaringan saya, ini untuk memperjelas bagaimana mengimplementasikan konfigurasi blokir youtube ini pada kondisi lapangan anda. Topologi di tempat saya adalah seperti pada gambar berikut:

Topologi Cara Block Youtube Pada Mikrotik
Tujuan saya adalah melakukan limitasi bandwidth akses youtube dari client dengan ip address 192.168.100.2/24 seperti pada topologi menjadi 1kbps/1kbps. Limitasi dengan hanya 1kbps akan menunggu respon dari server youtube sampe habis mungkin delapan gelas kopi. Hal ini sama saja dengan memblokir akses terhadap youtube. Jika kondisi lapangan topologi anda berbeda anda cukup mengganti parameter ip address dari 192.168.100.2/24 menjadi ip lan atau ip client anda. Berikut Langkah Setting Blockir Youtube Pada Mikrotik

How To Block Youtube On Mikrotik

Tutorial ini mengunakan kombinasi antara layer7, mangle, dan filter rule dari mikrotik yang semua nya ada pada menu ip-firewall. Pertama kita buat Regexp baru pada layer7, yaitu dengan cara klik ip, klik firewall, dan klik tabulasi layer7.

Dibagian atas akan ada menu "+" atau tulisan "add new" untuk menambahkan  regexp baru, klik tombol tersebut lalu tambahkan script berikut di bagian Regexp

Lalu ada bagian name, itu adalah untuk memberi nama Regexp diatas sebagai contoh kita beri nama "yutup", seperti gambar di bawah. (Gambar ini tidak sesuai dengan gambar menggunakan  winbox karena saya menggunakan webfig untuk konfigurasi)
Cara Block Youtube Pada Mikrotik, Regexp Layer 7 Cara Block Youtube Pada Mikrotikatau anda bisa memasukan script dibawah pada new terminal atau pad mode cli:
Langkah kedua adalah membuat mangle untuk menandai koneksi yang mencoba melakukan akses ke youtube. Kita akan membuat dua mangle yaitu untuk menandai koneksi lalu menandai paket. Untuk menandai koneksi youtube, pertama masuk pada mangle dengan langkah klik ip, klik firewall, lalu klik tabulasi mangle lalu buat mangle baru dan isi seperti konfigurasi pada gambar di bawah.

Setelah membuat mangle untuk menandai koneksi yang mengakses youtube, selanjutnya kita harus membuat mangle untuk menandai paket nya, dimana nantinya paket ini akan menjadi parameter untuk di limit menggunakan queue. Buat rule baru lalu isi seperti konfigurasi pada gambar di bawah.

a.Chain dan Src Address untuk Blokir Youtube pada Mikrotik

Chain dan Src Address untuk Blokir Youtube pada Mikrotik

b. Memilih Layer7 Protocol pada Firewall Mangle(tabulasi advanced) yang tadi dibuat

Layer7 Protocol pada Firewall Mangle

c.Action dan pemberian nama untuk marking terhadap koneksi yang baru

Action Blokir Youtube pada Mikrotik

d. Membuat Mangle baru untuk menandai paket 

Cara Block Youtube Pada Mikrotik

tampilan diatas adalah untuk pemilihan chain dan connection mark pada tabulasi General, selanjutnya pada tabulasi action diisi seperti gambar dibawah:
Cara Block Youtube Pada Mikrotik

Atau untuk mode cli anda bisa memasukan kode di bawah untuk membuat dua mangle sekaligus:

Langkah ketiga adalah membuat sebuah simple queue untuk melimit koneksi youtube menjadi 1kbps, dengan begitu mereka yang membuka youtube akan bisa melakukan akses tapi dengan kecepatan yang super lemot. Klik Queues lalu pilih simple queue, buat rule baru lalu masukan konfigurasi seperti gambar dibawah
Cara Block Youtube Pada Mikrotik
Gambar diatas untuk di tabulasi general, selanjutnya pada tabulasi Advanced seperti gamba dibawah:
Cara blok youtube di mikrotik
atau anda bisa melakukannya melalui cli dengan script berikut:

Sekian Tutorial Cara Blok Youtube Pada Mikrotik ini, semoga bisa bermanfaat, jangan lupa juga untuk membaca Tutorial Tata Cara Instalasi Jaringan Wireless Ad-hoc pada Windows7

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tutorial Mikrotik - Cara Block Youtube Pada Mikrotik"

  1. LuckyClub: The Latest Promotions & Bonuses
    Lucky luckyclub Club is a new casino that offers 100% Welcome Bonus and a 50% Deposit Match. the site's 100% first deposit match bonus up to $300 in free spins.

    ReplyDelete