Latihan Mikrotik dengan Eksternal Access Point

Latihan mikrotik sebelumnya membahas tentang management bandwidth yang bisa dilihat di latihan mikrotik berupa soal management bandwidth . Kali ini juga akan membuat sebuah soal berupa studi kasus yang masih membahas menagement bandwidth tapi ditambah dengan access point eksternal menggunakan TP-Link.

Access Point terhubung dengan mikrotik dan client dari access point harus mendapatkan ip address secara DHCP. Dimana konfigurasi DHCP dilakukan di dalam access point dan harus mengikuti pengaturan subnetting yang ditentukan.

Latihan Mikrotik dengan Eksternal Access Point

Latihan Mikrotik, Latihan Soal Mikrotik, Latihan Konfigurasi Mikrotik

Topologi Latihan Setting Mikrotik diatas adalah topologi sebuah Kafe, ada 2 jaringan lokal di kafe tersebut, yaitu jaringan untuk admin dan jaringan untuk layanan wifi. Jumlah client untuk jaringan wifi dibatasi untuk 10 user, dan bandwidth untuk jaringan wifi tersebut harus dibagi merata berapapun jumlah client nya dengan jatah total bandwidth 2Mbps. Jika ada dua client aktif, maka bandwidth akan otomatis dibagi dua, jika ada 3 akan membagi 3 dan seterusnya. Semua konfigurasi tersebut harus mengikuti ketentuan dibawah:

IP Address Mikrotik

Eth 1      : 10.20.30.x/24
Eth2       : 172.127.217.5/30
Eth3       : 192.168.x.1/28
Nilai x adalah dua digit terakhir pada nomor peserta ujian.

Ketika 2 handphone mencoba melakukan koneksi, maka handphone harus berhasil terkoneksi ke internet dan Aktifkan columns “Download AVG Rate” dan “Upload AVG Rate” pada Queue untuk menampilkan perolehan bandwidth.


Semoga bermanfaat, baca juga artikel tentang pembahasan cara mengkoneksikan mikrotik dengan modem indihome di Cara Setting Mikrotik dengan Modem Indihome.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Latihan Mikrotik dengan Eksternal Access Point"

Post a Comment