7 Software Remote Jaringan Untuk Remote Komputer FREE


Pada posting sebelumnya di Remote Jaringan telah dibahas sekilas tentang untuk apa melakukan remote jaringan. Sebetulnya apabila anda seorang IT Support, postingan ini mungkin akan sangat membantu pekerjaan anda sehari-hari, terutama yang bekerja di suatu Factory atau Pabrik. Bayangkan saja harus berjalan dari ruang IT ke setiap lokasi yang terjadi gangguan, setelah datang ke lokasi ternyata cuma masalah sepele yang tinggal klik, maka beberapa aplikasi remote pc ini mungkin akan sangat bermanfaat.

7 Software Remote Jaringan Free

Ada berbagai macam remote dekstop yang dapat digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh selama komputer yang menjadi host atau server dan komputer yang melakukan remote atau client berada dalam satu jaringan, dan enak nya, aplikasi tersebut gratis, berikut list nya:

1. TightVNC


Pertama ada aplikasi remote dekstop offline yang sangat mudah digunakan, tidak memakan banyak resource, bisa digunakan sebagai server maupun client ketika di install, yaitu TightVNC. Ukuran file nya sekitar 2-3 Mb, jika anda ingin melihat review dan cara penggunaan TightVNC, akan di bahas di postingan terpisah di postingan lain =>.Cara Menggunakan TightVNC.

Gambar diatas adalah contoh tampilan ketika akan melakukan remote jaringan terhadap ip address 192.168.70.83. Jika anda tertarik untuk menggunakan nya anda bisa download langsung dari situs resminya di Download TightVnc Full.

2. Ultra VNC


Aplikasi remote PC yang kedua adalah Ultra VNC. UltraVNC memiliki kelebihan di banding TightVNC, TightVNC tidak support perpindahan file antara host dan client ketika melakukan remote, tapi UltraVNC mampu melakukan hal tersebut. Lebih jelas tentang UltraVNC akan saya bahas di postingan terpisah, jika tertarik untuk mencoba, bisa anda download di UltraVNC Download.

3. AeroAdmin


AeroAdmin adalah software untuk remot pc portable, artinya kita tidak perlu malukan instalasi untuk melakukan remote. Di bagian host akan mendapat sebuah ID , yang nantinya dari sisi client anda bisa melakukan remote terhadap Komputer Host dengan ID tersebut. Untuk download Aero admin bisa anda lakukan di Download AeroAdmin Full. Ukuran filenya sangat kecil, sekitar 2Mb.

4. Windows Remote Dekstop


Aplikasi remot komputer berikutnya adalah bawaan dari windows, yaitu Windows Remote Dekstop, kita singkat saja WRD. Untuk dapat menggunakan WRD, kita cukup menyalakan beberapa fitur dalam windows, atau melakukan sedikit konfigurasi pada Advanced Configuration di aplikasi WRD tersebut. Pada umumnya Windows  7 ke-atas secara default sudah terinstal WRD.

5. Team Viewer


Software Remote Jaringan yang satu ini, sangat populer di kalangan Network Administrator. TeamViewer, download, install, lalu nyalakan. Setiap instalasi akan mendapat sebuah ID dan Password yang akan digunakan untuk melakukan remote. TeamViewer juga dilengkapi fitur chat, support transfer file, dan bahkan presentasi. Langsung saja coba download di Download TeamViewer.

6. Lite Manager


Software remote jaringan berikutnya adalah LiteManager. Penggunaan remote pada litemanager sama dengan TeamViewer, yaitu menggunakan ID dan Password. LiteManager memungkinkan kita dapat mengontrol hingga 30 Komputer secara simultan. Bisa lebih dari itu jika kita membeli lisensi nya. Pada web official nya terdapat aplikasi untuk di instal, ada juga aplikasi portable tanpa harus melakukan instalasi, tapi antara aplikasi server dan aplikasi remote client nya terpisah. Silahkan coba download di Download LiteManager.

7. Chrome Remote Dekstop


Aplikasi remote dekstop yang satu ini memerlukan akun google untuk menggunakan nya. Chrome remote dekstop di sisi server akan membuat sebuah PIN untuk di remote, dan harus login menggunakan akun google. Aplikasi remote nya terpasang pada Browser Google Chrome, maka untuk melakukan remote pada PC Host, kita juga harus install Google Chrome di sisi Client dan melakukan add app terhadap Google Remote Dekstop. Mencobanya silahkan add app dari link berikut Download Chrome Remote Dekstop for PC.

Itulah Software Remote Jaringan yang bisa kita gunakan untuk melakukan remote terhadap PC/Komputer yang ada dalam jangkauan jaringan kita baik Offline maupun Online. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel jaringan lain-nya tentang bagaimana melakukan instalasi hotspot pada mikrotik di Mikrotik Hotspot.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Software Remote Jaringan Untuk Remote Komputer FREE"

Post a Comment