Remote Jaringan dan Remote Komputer

Remote Jaringan?

Pertama kita bahas apa Pengertian Remote Jaringan. Apa remote jaringan? Kenapa melakukan remote jaringan? Kapan bisa remote jaringan?.
"Salah satu layanan jaringan yang memungkinkan seorang pengguna jaringan untuk mengakses (login) ke sebuah remote host dalam lingkungan jaringan .dengan memanfaatkan remote login, seorang user dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host. Dari sana, user dapat melakukan pemeliharaan / maintenance, menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote host."
Begitulah Wikipedia Indonesia menjelaskan pengertian remote jaringan. 

Apa remote jaringan? 

Layanan jaringan untuk melakukan akses terhadap suatu host, baik host itu PC, Server, Router, Access Point, dll. Kita bisa menggunakan berbagai Software Remote Jaringan yang tersebar secara gratis.

Kenapa melakukan remote jaringan?

Jika misal anda seorang network administrator, sedang bekerja di head office, lalu ada gangguan jaringan di branch office yang jauh, sedangkan kondisi jaringan sangat dibutuhkan untuk pulih, maka akan lebih baik untuk melakukan remote dari pada pergi jauh jauh ke lokasi branch office.

Kapan bisa remote jaringan?

Kapan? Ketika kita sudah melakukan konfigurasi untuk akses remote, baik berupa tunnel, vpn, menggunakan aplikasi remote, dll. Selama komputer atau alat yang mau di remote menyala dan ada akses jaringan yang aktif, maka remote bisa di lakukan kapanpun.


Apa, kenapa dan kapan telah kita ketahui, lalu dijelaskan pula dapat melakukan remote menggunakan tunnel, vpn, dan aplikasi remote jaringan via lan, atau pun via Internet. Selain perangkat jaringan, bisa meremote komputer dalam satu jaringan kita juga bisa melakukan remote pc via internet. Caranya sangat mudah, kita bisa menggunakan beberapa software remote jaringan. Saya akan mengulas beberapa software remote jaringan untuk melakukan remote pada PC atau komputer di postingan terpisah di Software Remote Jaringan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Remote Jaringan dan Remote Komputer"

Post a Comment