Tutorial Cara Upgrade Routeros ke Versi Terbaru

tutorial mikrotik-tutorial mikrotik winbox-tutorial mikrotik pdf

Dalam sebuah sistem operasi  pasti memiliki beberapa keluaran versi yang terbaru untuk mendukung performa dan kinerjanya.  Hal ini sudah terbiasa karna untuk memperbaiki suatu system yang akan dijalankan dan hal ini sudah kita temukan di beberapa atau banyak sistem operasi pada perangkat komputer semisal Windows, Linux, atau Macintosh. Begitu pula di sistem operasi RouterOS Mikrotik . 

Upgrade RouterOS Mikrotik

tutorial-mikrotik-lengkap-dengan-winbox-tutorial-mikrotik-winbox-lengkap-tutorial-mikrotik-os

Sebenarnya semua versi RouterOS mempunyai fitur atau fungsi yang sama seperti penanganan protocol TCP/IP dan penanganan layer dua konektivitas dll. Mikrotik terus menambah fitur baru dan meningkatkan kinerja serta stabilitas dengan merilis update versi. Untuk setiap penambahan atau perbaikan dalam setiap versi routerOS, MikroTik selalu menyertakan changelog (log atau catatan perubahan yang dibuat terhadap suatu proyek, seperti situs web atau proyek perangkat lunak. Kebanyakan proyek perangkat lunak sumber terbuka (open source) mengikutkan catatan perubahannya di distribusinya.). 

Upgrade routeros mikrotik maupun downgrade routerOS Mikrotik merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh pengguna router Mikrotik. Walaupun hal ini bukanlah sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengguna RouterOS MikroTik, tetapi adakalanya menjadi sebuah hal yang sangat penting ketika dibutuhkan. Misal ketika ingin mengimplementasikan sebuah fitur terbaru, maka upgrade bisa menjadi solusi. Disini saya akan mempraktekkan tentang bagaimana cara menguprade sebuah RoutersOS dengan cara manual.

Tutorial Cara Upgrade Routeros ke Versi Terbaru 

  1. Langkah pertama dalam upgrade routeros mikrotik disini kita harus terlebih dahulu men-download RouterOS terbaru ,kita bisa mendownload sebuah RoutersOS terbaru pada website https://mikrotik.com/download/archive sebelum men-download disini kita harus memperhatikan tentang arsitektur hardware motherboard , Jadi jangan sembarang men-download begitu saja karena bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.
    tutorial-mikrotik-hotspot-tutorial-mikrotik-dengan-winbox-tutorial-mikrotik-full

    Disini saya men-download routeros-mipsbe-6.37.5.npk
  2. Langkah selanjutnya dalam tutorial upgrade routeros firmware ini kita mulai menjalankan aplikasi winbox dan langsung masuk kemode new terminal  dan mulai menjalankannya ketikan “sys rou pr” agar kita mengetahui sistem operasi routers yang digunakan versi berapa . 

    Disini saya menggunakan Routers Mikrotik model rb750 current-firmware 3.17 dan upgrade 3.13 . Disini saya akan meng-upgrade RouterOS ke 3.33

    tutorial-mikrotik-routerboard-tutorial-mikrotik-os-lengkap-tutorial-mikrotik-rb450g

  3. Jika sudah mengetahui tentang RoutersOS yang dpakai selanjutnya kita masuk kelangkah memasukan OS yang akan kita upgrade .

    Klik menuju “FILES” kemudian kita copy RoutersOS yang tadi kita download catatan jika sudah dicopykan kita paste dibagian bawah “auto supout.old.rif”

    tutorial-mikrotik-vmware-tutorial-mikrotik-paket-3-tutorial-mikrotik-dengan-vmware

  4. Tunggu proses sampai berhasil ini tidak memakan waktu yang lama

    tutorial-mikrotik-lengkap-bahasa-indonesia-tutorial-mikrotik-cli-tutorial-mikrotik-gns3
  5. Jika semuanya sudah selesai maka akan terlihat OS telah ada dalam FILES seperti gambar berikut :

    tutorial-mikrotik-advance-tutorial-mikrotik-awal-tutorial-api-mikrotik

  6. Jika langkah tersebut selesai semua kemudian kita harus me-reboot winbox agar operasi akan terjalan dengan mengetikan “sys reboot” kemudian tekan enter jika ada perintah untuk memasukan y/n kita masukan Y karena ini perintah untuk meng-iya kan apakah proses reboot dijalankan atau tidak
    tutorial-ap-mikrotik-tutorial-mikrotik-passo-a-passo-tutorial-mikrotik-dari-awal

  7. Kemudian jika sudah selesai meng-reboot kita coba untuk masuk lagi ke wimbox ,mungkin akan tidak masuk untuk beberapa saat karena perlu beberapa waktu untuk mengembalikan semua ,jika masih sama sebaiknya kita melakukan test ping ke ip routers di cmd dengan cara
    ping 192.168.0.2 –t

    (disini saya memakai ip 192.168.0.2 terserah agan agan mau memakai ip berapa) tunggu proses ping sampai berhasil jika sudah berhasil maka winbox akan segera berjalan

    tutorial-setting-awal-mikrotik-rb750-tutorial-setting-awal-mikrotik-tutorial-setting-awal-mikrotik-rb750-untuk-warnet

  8. Jika sudah selesai maka kita selanjutnya ita masuk ke new terminal kemudian kita mengetikan
    “sys rou pr”
    untuk melihat apakah Routers sudah terupgrade jika masih belom terupgrade maka kita harus mengetikan
    “sys rou upgrade”
    untuk bisa terupgrade jika sudah kita harus meng reboot winbox seperti tadi
    tutorial-setting-awal-mikrotik-untuk-rt/rw-net-tutorial-setting-awal-mikrotik-rb750
  9. Jika sudah lalu kita mengetikan hal yang sama seperti tadi
sys rou pr

jika sudah ter-upgrade maka akan terlihat dibagian upgrade frimware seperti gambar berikut :

cara-membagi-bandwidth-mikrotik-advanced-tutorial

Semoga Tutorial Cara Upgrade Routeros ke Versi Terbaru ini dapat bermanfaat. Baca juga artikel tentang jaringan lainnya mengenai Jaringan Wireless.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Tutorial Cara Upgrade Routeros ke Versi Terbaru "