Pengertian dan Konsep Dasar Jaringan Wireless / Jaringan Nirkabel

Jaringan wireless atau jaringan nirkabel adalah sekumpulan komputer / client / host yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan media transmisi tanpa kabel seperti gelombang radio, gelombang mikro, atau cahaya infrared.

fungsi-jaringan-wireless-cara-kerja-jaringan-wireless-perangkat-jaringan-wireless-wireless-network-menggunakan
Baik, itulah jaringan wireless, sebuah jaringan tanpa kabel, lalu bagaimana sebaiknya implementasinya? sama halnya dengan jaringan berkabel pada umumnya, baiknya kita mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kita ketahui agar implementasi jaringan wireless ini optimal, pasalnya sering kali terdapat beberapa masalah sehingga menyebabkan transmisi jaringan tidak optimal. Berikut kita kaji sebagian kecil mengenai hal-hal yang akan mempengaruhi kualitas jaringan wireless.

Konsep - Konsep Dasar Jaringan Wireless


Apa saja yang baik untuk kita ketahui tentang jaringan wireless?
  1. Topologi Jaringan Wireless

    Dalam bab ini akan dijelaskan tentang beberapa macam topologi yang umumnya sering diterapkan dalam WLAN(Wireless LAN). Pada dasarnya ada dua macam, yaitu topologi jaringan wireless ad-hoc dan topologi infrastruktur yang menggunakan access point. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang topologi jaringan wireless.
  2. Frekuensi dan Channel

    Dalam implementasi WLAN, kita takan bisa lepas dari perhatian penggunaan frekuensi dan channel, dalam bab ini akan di bahas, band dari frekuensi yang umum digunakan dalam jaringan wireless, serta perhitungan channel yang baik untuk jaringan wireless dengan standar wifi yang banyak beredar di pasaran. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Frekuensi dan Channel Jaringan Wireless.
  3. Standarisasi Jaringan Wireless

    Pengaruh standarisasi terhadap implementasi adalah saat kita mengetahui karakter dari standar suatu jaringan, maka kita akan mengetahui peralatan mana saja yang akan kita butuhkan untuk membangun jaringan wireless yang optimal jika melihat keadaan lapangan dan keadaan pengguna. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Standarisasi Jaringan Wireless.
  4. Gangguan-gangguan atau pelemahan sinyal

    Tentu saja kita juga tidak bisa lepas dari berbagai gangguan yang ada yang dapat menyebabkan kualitas sinyal jaringan wireless menurun. Bab ini akan menerangkan beberapa gangguan sinyal yang ada, dan beberapa tips untuk menghindarinya. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Gangguan dalam Jaringan Wireless.
  5. Peralatan/Aksesoris Jaringan Wireless

    Disini akan diperkenalkan beberapa peralatan dan aksesoris yang sering digunakan dalam implementasi jaringan wireless. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Peralatan jaringan wireless.
  6. Pemilihan Mode Access Point

    Access point adalah sebuah alat yang paling umum dan sering digunakan dalam implementasi jaringan wireless, terutama sebagai station dalam jaringan. Ada beberapa mode dalam implementasinya, Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Mode Access Point dalam jaringan wireless.
  7. Sistem Keamanan untuk Jaringan Wireless

    Telah banyak di kembangkan berbagai sistem keamanan jaringan, untuk implementasi jaringan wireless yang aman, mulai dari enkripsi jaringan wireless, sistem deteksi(WIDS), sistem pencegahan serangan (WIPS), dan lainnya. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Keamanan jaringan wireless.
  8. Ancaman-ancaman keamanan jaringan wireless

    Nah, bagian ini yang jarang diperhatikan dalam implementasi jaringan wireless. Akan coba penulis rangkum beberapa jenis ancaman keamanan jaringan yang amat sering terjadi, dan beberapa saran implementasi keamanan jaringan berdasarkan beberapa sumber dan pengalaman. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Ancaman Keamanan jaringan wireless.
  9. Antenna Jaringan

    Antena jaringan sangat baik untuk memperkuat atau memperlebar suatu jaringan wireless, hal ini akan tergantung dari karakter antenna jaringan yang digunakan. Silahkan dibaca lebih lengkap dalam posting selanjutnya tentang Antenna jaringan wireless.
Poin-poin yang mempengaruhi kinerja jaringan wireless tentu masih ada lagi, penulis akan melakukan update seiring update terkait setiap posting mengenai jaringan wireless.
Baca juga artikel tentang jaringan yang menarik lain nya tentang Mikrotik.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Pengertian dan Konsep Dasar Jaringan Wireless / Jaringan Nirkabel"