Mikrotik - Mengenal tipe-tipe Mikrotik RouterOS, SwitchOS, dan Tools

Mengenal tipe-tipe MikrotikOS

Mikrotik OS yang dimaksud disini adalah semua jenis Operating System yang di produksi oleh mikrotik, meliputi Mikrotik RouterOS, Mikrotik SwitchOS, MikrotikOS for X86-x64 dan lainnya. Secara logika perbedaan tiap MikrotikOS adalah tergantung dari tipe OS tersebut, misalnya Mikrotik RouterOS ditujukan untuk pengoperasian router dengan berbagai package untuk kebutuhan sistem router di dalamnya, sedangkan SwitchOS ditujukan untuk pengoperasian switch dengan berbagai package untuk kebutuhan sistem switch didalamnya. Sebagai catatan, semua OS tersebut adalah buatan mikrotik.

MikrotikOS terdiri dari beberapa tipe dan setiap tipe juga terdiri dari beberapa versi. Seperti halnya OS untuk sistem operasi komputer seperti windows, setiap periode-nya mengalami proses upgrade dengan tujuan tersendiri. Misalnya menutup bug, menambah fitur atau menambah package, meningkatkan kualitas suatu fitur, dan lainnya lagi yang diikuti kebijakan tersendiri. Dalam produk mikrotik sendiri setiap MikrotikOS ditujukan untuk setiap perangkat yang bersangkutan. Berikut penjalasan daftar tipe mikrotikOS yang saya ketahui.

Sejauh yang saya ketahui, MikrotikOS terdiri dari 3 jenis yaitu Mikrotik RouterOS, SwitchOS, dan Mikrotik Cloud Hosted Router. Tapi disini kita hanya akan membahas tipe-tipe package, versi-versi OS, dan fitur-fitur atau daftar package nya saja, karena saya sendiri beum mengenal semua package tersebut.

Mikrotik RouterOS

MikrotikOS
MikrotikOS
Mikrotik RouterOS setahu saya hingga kini terdiri dari 7 jenis package yang berbeda, yaitu mipsbe, smips, tile, ppc, arm, x86-x64, dan mipsle. Setiap package tersebut ditujukan untuk masing-masing tipe perangkat. Misalnya mipsbe bisa digunakan untuk perangkat seperti RB2011 dll, dan smips digunakan untuk perangkat seperti hAP lite. Selengkapnya bisa anda lihat di bawah ini:

Mipsbe

Perangkat yang menggunakan package tipe mipsbe:
CRS, NetBox, NetMetal, PowerBox, QRT, RB9xx, hAP, mAP, RB4xx, cAP, hEX, wAP, BaseBox, DynaDish, RB2011, SXT, OmniTik, Groove, Metal, Sextant, RB7xx. Mipsbe termasuk kategori Mikrotik RouterOS.

Format File : ".npk"

Available Version : Saya hanya tahu 15 versi dari package jenis mipsbe, bisa dilihat pada gambar dibawah :
Mikrotik RouterOS Mipsbe Version
Mikrotik RouterOS Mipsbe Version

Daftar ini tidak lengkap, ada versi lain dengan package jenis mipsbe ini. Mungkin akan di update di kemudian hari. Pengaruh dari versi ini adalah, ketika kita akan menginstal suatu package yang tidak ada pada RouterOS kita, kita harus memilih package dengan versi yang sama dengan versi RouterOS kita, jika tidak, instalasi package akan gagal.

Dalam Package Mipsbe versi 6.6 sendiri ada 18 item package yang bisa dilihat pada gambar di bawah:
Mikrotik RouterOS Mipsbe Packages
Mikrotik RouterOS Mipsbe Packages

Mipsle

Jenis package berikutnya yaitu mipsle, salah satu Mikrotik RouterOS. Setahu saya, package jenis mipsle hanya digunakan untuk perangkat jenis RB1xx, RB5xx, Crossroads, dimana x adalah nilai versi dari perangkat jenis-nya.

Format File : ".npk"

Available Version : Sama seperti sebelumnya, saya hanya tahu beberapa versi berdasar referensi yang saya punya, yaitu:
Mikrotik RouterOS Mipsle Version
Mikrotik RouterOS Mipsle Version

Daftar ini juga tidak lengkap, saya hanya memasukan versi-versi yang saya ketahui. Package Mipsle mempunyai 17 item packages yang bisa dilihat pada gambar di bawah:
Mikrotik RouterOS Mipsle Package
Mikrotik RouterOS Mipsle Package

PPC

Selanjutnya adalah package jenis PPC. PPC adalah salah satu Mikrotik RouterOS. Package PPC diperuntukan bagi perangkat jenis RB3xx, RB600, RB8xx, RB1xxx, dimana nilai x adalah nilai versi. Jadi hanya perangkat jenis-jenis yang tertera yang menggunakan package tipe ini.

Format File : ".npk"

Available Version : Saya tahu 12 versi untuk jenis ini:
Mikrotik RouterOS PPC Version
Mikrotik RouterOS PPC Version

Package yang ada untuk package jenis PPC bisa dilihat ada gambar dibawah:
Mikrotik RouterOS PPC Packages
Mikrotik RouterOS PPC Packages

Tile

Jenis package berikutnya adalah Tile. Tile juga merupakan salah satu jenis RouterOS, namun diperuntukan untuk perangkat jenis CCR.

Format File : ".npk"

Saya tahu 11 versi dari Mikrotik RouterOS jenis Tile, seperti yang ada pada gambar di bawah:
Mikrotik RouterOS Tile Version
Mikrotik RouterOS Tile Version
Package untuk tipe Tile ada 17 item untuk versi terbaru. Bisa dilihat di gambar dibawah:
Mikrotik RouterOS Tile Packages
Mikrotik RouterOS Tile Packages

X86-64

Package jenis x86-64 umumnya diperuntukan bagi perangkat RB230, dan untuk perangkat custom seperti PC. Jadi jika kita akan menginstall Mikrotik RouterOS di PC kita, maka package tipe inilah yang cocok.

Format File : ".npk"

Versi yang saya ketahui untuk jenis ini ada 13 versi. Bisa dilihat di gambar di bawah:
Mikrotik RouterOS X86-64 Version
Mikrotik RouterOS X86-64 Version

Sedangkan untuk packagenya, ada total 20 item untuk versi terbaru seperti di gambar dibawah :
Mikrotik RouterOS X86-64 Packages
Mikrotik RouterOS X86-64 Packages

SwitchOS

Berbeda dengan package-package sebelumnya. Mikrotik juga mempunyai package untuk switch produksi mikrotik seperti RB250. Saya hanya tahu 1 versi, yaitu SwitchOS V1.9 untuk RB250 sendiri.
Mikrotik SwitchOS V1.9 Version
Mikrotik SwitchOS V1.9 Version

Tools

Selain OS, mikrotik juga memiliki beberapa tools untuk proses maintenance atau reset mikrotik. Dua diantaranya adalah Netinstall dan Winbox. Hingga kini winbox sudah terbit versi 3.1, dan 3.3 untuk package jenis mipsle. Winbox sendiri adalah aplikasi bawaan mikrotik yang berbasis dekstop yang digunakan untuk melakukan konfgurasi terhadap mikrotik ROuterOS.

Tools lain selain winbox adalah Netinstall. Umumnya netinstall digunakan untuk melakukan soft reset konfigurasi terhadap mikrotik. Versi-versi dari Netinstall bisa dilihat di gambar di bawah.
Mikrotik Tools Netinstall Version
Mikrotik Tools Netinstall Version
Terima kasih sudah meluangkan waktu di blog ini, semoga informasi ini bermanfaat. Referensi mengenai MikrotikOS ini saya dapat dari forum Mikrotik Indonesia dan Official Site nya Mikrotik(Mikrotik.com). Kalo mau penjelasan yang lebih lengkap anda bisa langsung ke official site nya Disini, Disini, Disini, dan Disini. Posting berikutnya saya akan membahas link download package-package tersebut dan beberapa tutorial penggunaan mikrotik secara bertahap.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Mikrotik - Mengenal tipe-tipe Mikrotik RouterOS, SwitchOS, dan Tools"

  1. sangat bermanfaat informasinya tidak hanya menyimak namun bisa dijadikan referensi .
    thanks ..
    Permission share, good luck.
    Please visit our website:
    abiputral.blogspot.com

    ReplyDelete