Mikrotik - Introduction

Mikrotik - Introduction

source: zahirah-net[dot]blogspot[dot]com

 

Mikrotik menurut referensi yang saya punya mikrotik adalah kependekan dari mikrotikls yang dalam bahasa Latvia berarti "Network kecil / jaringan kecil".
Jika dilihat dari official website nya mikrotik, mikrotik merupakan salah satu brand dari produk-produk perangkat jaringan. Produk mikrotik yang paling sering dicari adalah Mikrotik RouterOS dan Mikrotik RouterBOARD.


RouterOS adalah sebuah sistem operasi yang dapat difungsikan sebagai router, bandwidth manajer, paket filter, wireless station, yang dapat diinstal di Komputer pribadi atau PC maupun dalam routerboard itu sendiri. Sedangkan RouterBOARD adalah Perangkat keras yang dibuat oleh Mikrotik yang tersedia dan ditujukan untuk berbagai skala penggunaan mulai dari skala kecil (SOHO) hingga skala besar atau skala enterprise.

Sejarah Mikrotik

  • 1995        : Established
  • 1997        : Publikasi RouterOS untuk PC dengan sistem x86
  • 2002        : Lahir RouterBOARD
  • 2006        : First MUM
  • Sekarang    : Muncul berbagai perangkat jaringan lain dan upgrade fitur-fitur RouterOS

Mikrotik RouterOS

Penggunaan mikrotik routerOS tersedia dalam berbagai tipe dan berbagai lisensi, dimana setiap tipe dan lisensi tentu mempunyai kelebihan tersendiri. Hingga kini Mikrotik sudah me-release routeros hingga versi 6 dengan berbagai fitur yang merupakan perbaikan bug dan penambahan fungsi dari versi-versi sebelumnya. Sedangkan lisensi tersedia mulai dari level 0 hingga level 6, yaitu level 0, 1, 3, 4, 5, dan level 6.
Perbedaan setiap lisensi adalah batasan-batasan dari setiap penggunaan fitur-fitur yang tersedia dalam RouterOS, misalkan routerOS dengan lisensi level 0 hanya bisa digunakan selama 23 jam saja, dan selanjutnya semua konfigurasi akan hilang, sedangkan lisensi level 1 yaitu lisensi demo, dalam level ini konfigurasi tidak akan hilang meski telah melebihi 1 hari, tapi ada batasan dalam pembuatan konfigurasi, misalnya hanya bisa membuat 1 rule untuk tunneling menggunakan PPPoE. Agar semua fitur dapat digunakan dengan maksimal tentu kita harus membeli lisensi yang level-nya lebih tinggi. Untuk lebih lengkapnya mengenai versi-versi routerOS dan Lisensi silahkan lihat di Mikrotik - RouterOS dan Mikrotik - Lisensi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mikrotik - Introduction"

Post a Comment